Padang Savana

Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) Tidak hanya terkenal dengan wisata pantai dan keindahan panorama bawah laut atau hewan endemiknya saja. Di hamper seluruh [ulau sumba terdapat terbentang banyak padang rumput (sabana) pada bukit bergelombang nan elok dipandang mata.

Cium Sumba

Cium Sumba

Cium hidung merupakan tradisi keseluruhan masyarakat Sumba pada umumnya ketika menerima tamu, atau saling bertemu satu sama lain dimanapun mereka berada. Cium hidung melambangkan persahabatan.Tradisi ini mungkin kelihatan tabu bagi orang yang baru mengunjungi Sumba. Namun tradisi ini sudah turun temurun dilakukan, sehingga siapa pun tamu yang datang, harus saling mencium hidung terlebih dahulu, sebelum di persilakan untuk duduk.

Danau Weekuri

Danau Weekuri

Danau Weekuri adalah danau air asin yang terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Danau Weekuri terletak sekitar 60 kilometer dari ibukota kabupaten, Tambolaka Nama Weekuri berasal dari bahasa Sumba wee yang berarti air dan kuri yang berarti parutan atau percikan. Danau Weekuri dipercaya terbentuk dari air laut yang terpercik melalui karang sehingga menembus ke daratan. Danau ini memang dikelilingi oleh batu karang yang memisahkannya dengan laut.

Pasola

Pasola

Pasola berasal dari kata “sola” atau “hola”, yang berarti sejenis lembing kayu yang dipakai untuk saling melempar dari atas kuda yang sedang dipacu kencang oleh dua kelompok yang berlawanan. Jadi pasola atau pahola berarti permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu dari atas punggung kuda yang sedang dipacu kencang antara dua kelompok yang berlawanan Permainan pasola diadakan pada empat kampung di kabupaten Sumba Barat. Keempat kampung tersebut antara lain Kodi, Lamboya, Wonokaka, dan Gaura. Pelaksanaan pasola di keempat kampung ini dilakukan secara bergiliran, yaitu antara bulan Februari hingga Maret setiap tahunnya.

Sirih Pinang

Sirih Pinang

Sirih pinang Bagi orang Sumba, kini sirih pinang itu menjadi alat pergaulan yang prima. Di Sumba kalau orang bertamu, atau kalau ada hajatan, maka besar kecil, pegawai tinggi, rendahan, orang asing atau bukan, semuanya disuguhi sirih pinang. Dan adat sopan santun, makan atau tidak makan harus diterima walaupun nanti diberikan kepada orang lain, dibawa pulang atau ditinggalkan pada tuan rumah. Atau untuk menghargai tuan rumah bisa juga dimakan tanpa kapur.

Tenun Sumba

Tenun Sumba

Tenun Sumba Pada tenunan sulam KainSumba Barat pada umumnya berupa permainan garis -garis yang di hiasi gambar -gambar simetris seperti permainan kotak segitiga dan lingkaran Warna dasar Kain TenunSulam Sumba Barat,bervariasi.1 lembar kain Tenun Sulam Sumba biasa dapat dikerjakan 1minggu hingga 1 bulan tergantung kerumitan dan kesederhanaan motif. Harga kain tenun sulamsumba barat ini punbervariasi mulai dari 250 ribuhingga 1 jt an tergantung kerumitan motifnya.

Surfing

Surfing

Surfing : Pantai Pero yang terletak di Pero Batang, Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya ini juga menawarkan keindahan pantai yang bakal buat kamu betah berlama-lama disamping itu bagi yang minat khusus bisa melakukan surfing di daerah pantai ini. Pantai yang merupakan sebuah teluk ini memiliki landscape yang unik dan dapat menikmati matahari terbenam atau sunset.

Penulis, Photographer : Mahendra Moonstar

Editor : Eka Mahendra Putra