Perang Pandan

Perang Pandan adalah salah satu tradisi yang ada di Desa Tenganan, Kecamatan Karangasem, Bali Perang pandan juga disebut dengan istilah makere-kere. Upacara perang pandan menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing. Peran pandan merupakan salah satu tradisi yang dilakukan untuk menghormati dewa Indra atau Dewa perang. Perang pandan dilakukan setiap bulan kelima atau sasih kalima dalam penanggalan desa adat Tenganan. Ritual perang pandan berlangsung kurang lebih selama dua hari berturut-turut. Upacara ritual ini dilakukan setiap satu tahun sekali.

Makepung Desa Jembrana Bali

Makepung Desa Jembrana Bali

Makepung adalah tradisi lomba pacu kerbau yang telah lama melekat pada masyarakat Bali, khususnya di Kabupaten Jembrana. Tradisi ini awalnya hanyalah permainan para petani yang dilakukan di sela-sela kegiatan membajak sawah di musim panen, kini Makepung telah menjadi salah satu atraksi budaya yang paling menarik dan banyak ditonton oleh wisatawan termasuk para turis asing.

layangan di bali

layangan di bali

FESTIVAL Layang-layang salah satu event yang diadakan rutin setiap tahun antara Juli dan Oktober terutama saat awal musim mulai berangin. Festival ini adalah salah satu event besar yang sangat menarik karena memiliki keunikan budaya yang sama seperti Festival Kesenian Bali. Festival ini biasanya diaksanakan di sepanjang pantai timur Padanggalak, bagian utara Sanur, Badung.

Metatah Potong Bali

Metatah merupakan salah satu tradisi di bali  pada khususnya, ketika seorang anak mulai menginjak usia remaja atau sudah  dewasa wajib melaksanakan Upacara Potong Gigi. Upacara Potong Gigi merupakan upacara yang bermakna untuk menemukan hakekat manusia sejati yang terlepas dari belenggu kegelapan dari pengaruh Sad Ripu dalam diri manusia.

Ogoh Ogoh

Ogoh Ogoh

1 hari sebelum Nyepi, hampir semua umat Hindu di Indonesia melakukan pawai ogoh-ogoh. Sebuah representasi Bhuta Kala yang mempunyai sosok besar dan menakutkan. Menurut para cendekiawan dan praktisi Hindu Dharma, proses ini melambangkan keinsyafan manusia terhadap kekuatan alam semesta dan waktu yang maha dashyat.

Omed Omedan

Omed Omedan

Omed-omedan adalah upacara yang diadakan oleh pemuda-pemudi Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar yang diadakan setiap tahun.  Omed-omedan diadakan setelah Hari Raya Nyepi, yakni pada hari ngembak geni untuk menyambut tahun baru saka. Omed-omedan berasal dari bahasa Bali yang artinya tarik-tarikan.

Prosesi Ngaben

Prosesi Ngaben

Ngaben adalah upacara kematian khas Hindu-Bali yang masih digelar hingga saat ini. Namun wisatawan jarang tahu karena hanya digelar pada saat tertentu dalam kalender Saka Bali. Ngaben adalah upacara penyucian atma (roh) fase pertama sbg kewajiban suci umat Hindu Bali terhadap leluhurnya dengan melakukan prosesi pembakaran jenazah. Menurut keyakinan Umat Hindu di Bali.

Penulis, Photographer : Mahendra Moonstar Editor : Eka Mahendra Putra